PP Al Istiqomah

Tahtimul Qur’an dan Pelepasan Siswa MTs Al-Istiqomah Angkatan Pertama

Tahtimul Qur'an dan Pelepasan Siswa MTs Al-Istiqomah Angkatan Pertama

Senin, 10 Juni 2024 – MTs Al-Istiqomah untuk pertama kalinya menggelar kegiatan Tahtimul Qur’an dan Pelepasan Siswa bagi Angkatan Pertama. Rangkaian kegiatan ini diawali oleh kegiatan Tahtimul Qur’an di pagi hari, kemudian dilanjutkan kegiatan pelepasan siswa kelas IX. MTs Al-Istiqomah adalah madrasah berbasis pesantren, dimana seluruh siswa wajib mukim. Oleh karena itu, saat siswa dinyatakan lulus dari MTs mereka tidak hanya berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, namun ilmu agama dan moral yang sesuai dengan kaidah Islam.

Kegiatan Tahtimul Qur’an dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqomah Banyuputih, KH. Ahmad Zaenuri, beliau memberikan doa dan nasihat untuk para santri. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh dewan ustadz. Kegiatan Tahtimul Qur’an diakhiri dengan pembagian syahadah untuk seluruh siswa yang sudah berhasil menyelesaikan kegiatan mengajinya dengan baik.

Pukul 09.00, kegiatan pelepasan siswa kelas IX MTs Al-Istiqomah Banyuputih dimulai. Kegiatan ini diawali oleh kirab para peserta pelepasan, kemudian dibuka langsung oleh KH. A. Arifin. Rangkaian kegiatan pelepasan disukseskan dengan penampilan dari kelas 7 dan 8. Mereka menampilkan kreativitas dan bakat masing-masing, seperti menari, pidato 3 bahasa, nadhoman kitab, dan paduan suara.

Ayatul Husna, perwakilan dari siswa kelas 7 dan 8 memberikan sambutannya dan berpesan kepada kakak kelas untuk tetap menjaga nama baik madrasah. Sedangkan, Falihah Alhasna mengucapkan permintaan maaf dan terimakasih kepada adik kelas serta seluruh dewan guru. Kepala MTs Al-Istiqomah Banyuputih menambahkan bahwa seluruh siswa harus tetap melanjutkan kegiatan belajarnya, entah di lembaga formal maupun nonformal agar bisa mengembangkan potensi diri yang mereka miliki.

Angkatan Pertama berhasil melululuskan seluruh siswanya yang berjumlah 54 siswa. Dari ke-54 siswa tersebut, terdapat tiga siswa yang mendapatkan penghargaan siswa terbaik, mereka adalah Rifka Aliya Rahma, Rifky Nur Amali, dan Ina Khoerunnisyak. Semoga seluruh ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan di madrasah maupun pondok pesantren dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah untuk semuanya.

Selamat berproses teman-teman!